Waktu terus berjalan dan setiap saat ada saja masalah lingkungan . Sejak kemarin 1 Juli 2020 peraturan DKI dan peraturan pemerintah yang melarang pemakaian kantong Plastik kresek sudah dimulai. Pro dan kontra terjadi di medsos maupun pemberitaan di TV.

Apa yang sedang terjadi di masyarakat saat ini, menunjukkan kita tidak pernah siap & sungguh – sungguh memberikan solusi terkait kepentingan masyarakat banyak.

Terkadang peraturan dikeluarkan dan uji materi nya justru pada saat pelaksanaan. Semua perhatian jadi terpusat pada masalah tersebut. Beberapa minggu ke depan kita akan disajikan dengan berita tentang dampak pelarangan ini di semua sektor kehidupan masyarakat. Pertama yang di complain adalah Pemerintah. Kita seperti mulai lupa bahwa Covid belum berlalu dan masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan. Contohnya beradaptasi dengan New Normal dan New Norm. Karena itu mari kita berhenti menyalahkan satu sama lain, sadarilah permasalahan tetap ada dan masyarakat semakin resah dan terbebani.

Yang sudah terjadi saat ini  biarlah menjadi pembelajaran bagi kita bersama, fakta bahwa Pergub DKI belum menjadi  satu – satunya solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan sampah. Mari kita gunakan akal sehat untuk menjadi solusi mengenai hal ini dan membantu pemerintah mencapai tujuan  lingkungan sehat, masalah sampah teratasi dari waktu ke waktu dan masyarakat hidup tenang mencari nafkah.

Masalah sampah tidak bisa diselesaikan seperti magic tetapi butuh kerjasama semua elemen yang memiliki solusi untuk berkolaborasi sehingga menjadi kekuatan sebagai solusi lokal bangsa Indonesia.

Siapa yang tergerak untuk memulai? Less ego more eco, berdamai dengan kepentingan diri sendiri atau sekelompok orang demi menuju Indonesia Sehat & Bersih.

Salam Hijau,
#sadarsampah
#bijakplastik
#solusilokal
#indonesiamampu
#indonesiaberjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *