Gerakan Plastik Akal Sehat untuk Indonesia (PASTI) menggelar Green Initiative Award 2020, sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku Green Initative yang telah sadar sampah dan bijak plastik. Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang pengurangan sampah plastik dan mewujudkan Indonesia Sehat dan Hijau.

Pemberian penghargaan ini untuk menunjukkan bahwa ternyata ada industri atau perusahaan yang sudah mau berubah untuk menerapkan prinsip ramah lingkungan. Selama ini perusahaan atau industri sudah ada yang mulai beralih pada produk yang ramah lingkungan, namun mereka enggan menunjukkan bahwa perusahaan mereka telah berubah. Ajang ini, merupakan alat ukur untuk mengetahui berapa banyak industri atau perusahaan yang merespon ajakan untuk beralih ke produk plastik ramah lingkungan, serta budaya dan manajemen usaha yang telah menjalankan pola perilaku yang green.

Green Initiative Award 2020 ini diikuti oleh 13 industri dan perusahaan dari seluruh Indonesia, yang terbukti telah melakukan upaya perubahan ke arah yang lebih baik bagi lingkungan. Para pemenangnya akan menjadi model bahwa ada perusahaan yang telah mampu dan mau untuk berubah, serta peduli terhadap kelestarian lingkungan. Keberadaan perusahaan yang telah mau bertransformasi dalam mengubah produk dan pengelolaan limbah plastiknya menjadi lebih ramah lingkungan, diharapkan juga mempengaruhi masyarakat untuk mau berubah.

Para peserta dan pemenang berfoto dengan Tim Gerakan PASTI

“Kalau yang ini mampu berubah, kenapa yang lain tidak mampu. Harapannya kita bisa berubah, mengedukasi publik, bukan untuk saling menyerang tapi mengubah perilaku dalam memilih plastik secara bijak,” ungkap Naning, Ketua Gerakan PASTI

Selain perubahan pada perusahaan atau industri serta masyarakat, perubahan juga diharapkan dapat dilakukan pemerintah melalui pembuatan peraturan perundangan maupun peraturan daerah yang seragam. Pemahaman yang sama tentang ramah lingkungan akan menjadi dasar penentuan produk plastik apa yang dapat dibeli masyarakat, terutama yang mampu terurai secara cepat di alam.

“Tidak mungkin menyuruh masyarakat membeli produk yang mahal tapi masyarakat di suatu daerah ternyata tidak mampu membeli, tidak bisa hanya melihat kota besar saja,” imbuh Naning.

Dari penilaian dewan juri yang terdiri dari Noer Adi Wardojo (KLHK), Tulus Abadi (YLKI), serta Puput TD Putra (KPPL-I), terdapat sejumlah perusahaan yang mendapat Juara 1, serta dinilai telah mampu mewujudkan Indonesia sehat dan hijau. Para pemenang itu antara lain; PT. Rejeki Kenceng Timur (kopi Kenceng) sebagai Pemenang 1 kategori Retail, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita sebagai Pemeneng 1 kategori Klinik/ Rumah Sakit, M Bloc Space sebagai pemenang 1 kategori Kantor, PT. Harapan Infiniti Mulia sebaga Pemenang 1 kategori Industri Kecil, dan PT. Suparma Tbk sebagai Pemenang 1 kategori Industri Besar.

Waktu penjurian yang diadakan pada tanggal 17 Februari 2020

Pemberian Green Inititve Award ini didasari pada beberapa kriteria, seperti telah menggunakan produk yang ramah lingkungan, sudah mau memproduksi dari plastik konvensional beralih ke plastik ramah lingkungan. Inisiatif untuk berubah itu menurut Ketua Umum Koalisi Pemantau Plastik Ramah Lingkungan Indonesia (KPPL-I) Nasional, Puput TD Putra, menjadi prinsip dasar penilaian ajang Green Initiative Award 2020.

Beberapa perusahaan telah menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik, mulai produksi plastiknya yang sudah ramah lingkungan, hingga manajemen perusahaan dan pengolahan limbahnya yang tidak lagi berbahaya bagi lingkungan hidup.

Hadir memberikan penghargaan kepada pihak perusahaan yang memenangkan Green Initiative Award 2020 tadi malam, yaitu Ketua YLKI, Tulus Abdi dan pengamat Sosial, Imam Prasojo.
Para Pemenang Award dengan Bapak Tulus Abdi (Ketua YLKI), Bapak Imam Prasojo (Pengamat Sosial) dan Ibu Naning (Ketua Gerakan PASTI)
Diadakan juga Talk Show yang dihadiri oleh narasumber dari aktifis Milenial, mereka mayoritas memiliki kegiatan peduli terhadap masalah sampah plastik. Mereka generasi yang tampak senang jika di lingkungannya bebas sampah plastik. Bahkan diantara mereka menginginkan agar tempat wisata Indonesia diakui oleh dunia karena kebersihan lingkungannya.
Talk show dari narasumber aktivis milenial 
Dan dalam kegiatan ini Gerakan PASTI bekerjasama dengan INIAS Resource Center ( Interior Ruang Arsitektur Indonesia), GPCI ( Green Product Council Indonesia), JPIP ( Jaringan Pemerhati Industri dan Perdagangan), YPBI ( Yayasan Peduli Bumi Indonesia) dan KPPLI ( Koalisi Pemantau Plastik Ramah Lingkungan Indonesia).
Sumber:
1. http://mediaindonesiaraya.id/2020/02/19/gerakan-pasti-gelar-green-initiative-award-perusahaan-pendukung-pengurangan-sampah/
2. http://www.melayutoday.com/berita-4037-gerakan-pasti-gelar-penghargaan-inisiative-award-2020.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *